Kontekstualisasi Perilaku Kerja Guru

Kepala Sekolah - Apa saja Kontekstualisasi Perilaku Kerja Guru dan kepala sekolah ? berdasarkan Perdirjen GTK NOMOR 7607/B.B1/HK.03/2023 Tentang Petunjuk teknis Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala sekolah dijabarkan terkait 7 Kontekstualisasi Perilaku Kerja Guru dan kepala sekolah, Apa saja isinya, yuk simak ulasan berikut ini !




Kontekstualisasi Perilaku Kerja Guru

Berikut adalah 7 aspek perilaku kerja guru yang perlu anda ketahui 

1. Aspek Berorientasi Pelayanan

Ada beberapa indikator dan ekspektasi pimpinan pada aspek beriorientasi pelayanan guru, apa saja dan bagaimana penjelasanya ? yuk simak ulasanya dibawah ini.

Indikator Perilaku

1.1. Memahami kebutuhan peserta didik dan berusaha memenuhinya

Ekspektasi Khusus Pimpinan

1.1.1. Mengidentifikasi kebutuhan peserta didik secara proaktif

1.1.2. Memenuhi kebutuhan peserta didik secara responsif

1.1.3. Melayani peserta didik sesuai hasil asesmen awal peserta didik

1.1.4. Menyelesaikan keluhan peserta didik dengan komunikasi persuasif

Indikator Perilaku

1.2. Bersifat ramah kepada peserta didik dan orangtua tanpa membeda-bedakan, cekatan dalam bekerja, solutif dalam mengatasi permasalahan pembelajaran, dan dapat diandalkan oleh peserta didik, orang tua, maupun rekan sejawat

Ekspektasi Khusus Pimpinan

1.2.1. Menuntaskan semua pekerjaan

1.2.2. Mengucapkan salam dan sapa dengan sikap ramah

1.2.3. Mengkomunikasikan informasi yang aktual dan akurat

1.2.4. Melayani dengan standar yang sama kepada semua pihak

Indikator Perilaku

1.3. Melakukan perbaikan terus-menerus terhadap kompetensi dan perilaku kerjanya

Ekspektasi Khusus Pimpinan

1.3.1. Memperbaiki kualitas layanan secara terus-menerus

1.3.2. Menindaklanjuti setiap kritik dan saran secara konstruktif

1.3.3. Berupaya memperluas

2. Aspek Akuntabel

Berikut adalah indikator dan ekspektasi pimpinan dalam aspek akuntable guru :

Indikator Perilaku

2.1. Melaksanakan tugas  dengan jujur, bertanggung  jawab, cermat, disiplin, dan  berintegritas tinggi

Ekspektasi Khusus Pimpinan

2.1.1. Memenuhi janji dan komitmen  terkait pekerjaan 

2.1.2. Melaksanakan pekerjaan  sesuai dengan ketentuan 

2.1.3. Bertanggung jawab atas hasil  kerja yang dilakukan dan bersedia  dievaluasi 

2.1.4. Menolak segala bentuk  gratifikasi, korupsi, kolusi, dan  nepotisme 

Indikator Perilaku

2.2. Memanfaatkan sumber  daya satuan pendidikan  dengan bertanggung jawab,  efektif, dan efisien 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

2.2.1. Memanfaatkan fasilitas  pembelajaran sesuai dengan  peruntukannya 

2.2.2. Mencari cara efisiensi  penggunaan sarana prasarana,  bahan, dan alat kerja satuan  pendidikan 

Indikator Perilaku

2.3. Tidak menyalahgunakan  kewenangan jabatannya demi  keuntungan pribadi 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

2.3.1. Menghindari situasi yang  menimbulkan konflik kepentingan  pribadi 

2.3.2. Mengambil keputusan dengan  objektif saat terjadi konflik  kepentingan

3.Aspek Kompeten

Indikator Perilaku

3.1. Menunjukkan  penguasaan kompetensi yang  memadai dalam melakukan  kinerja 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

3.1.1. Menunjukkan kompetensi  dalam bekerja sehingga menjadi  teladan bagi rekan sejawat 

3.1.2. Berdiskusi dengan rekan  kerja, atasan, peserta didik, dan  masyarakat atau dunia kerja untuk  mencari solusi 

Indikator Perilaku

3.2. Membantu peserta didik,  rekan sejawat, dan orang lain  untuk saling belajar 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

3.2.1. Memberikan kesempatan  orang lain untuk menyampaikan  pendapat 

3.2.2. Memfasilitasi proses berbagi  pengetahuan antar rekan sejawat,  peserta didik, orang tua, dan  masyarakat atau dunia kerja 

Indikator Perilaku

3.3. Melaksanakan tugas  dengan kualitas terbaik 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

3.3.1. Mendukung penyusunan  rencana kerja dan/atau anggaran  secara partisipatif 

3.3.2. Melaksanakan rencana kerja  dan/atau anggaran sesuai target  yang ditetapkan 

3.3.3. Menyelesaikan masalah  secara komprehensif dan tuntas 

4. Aspek Harmonis 

Indikator Perilaku

4.1. Menghargai setiap warga satuan pendidikan apapun  latar belakangnya 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

4.1.1. Berlaku adil kepada setiap  orang tanpa memandang,  kedudukan, jabatan, latar belakang,  suku, agama, ras dan gender 

4.1.2. Menjaga hubungan yang baik  dengan rekan kerja, atasan, peserta  didik, dan masyarakat atau dunia  kerja 

4.1.3. Menghormati gagasan yang  disampaikan orang lain 

Indikator Perilaku

4.2. Memberikan pertolongan  bagi warga satuan  pendidikan yang memerlukan 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

4.2.1. Menawarkan solusi kepada  warga satuan pendidikan dengan  responsif 

4.2.2. Memberikan solusi dan/atau  informasi sesuai kewenangan 

Indikator Perilaku

4.3. Mampu membangun  lingkungan pembelajaran  yang kondusif 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

4.3.1. Menyelesaikan konflik di  antara rekan kerja, atasan, peserta  didik, dan masyarakat atau dunia  kerja secara konstruktif 

4.3.2. Berinteraksi dengan rekan  kerja, atasan, peserta didik, dan  masyarakat atau dunia kerja dengan  sopan dan menjunjung tinggi etika 

4.3.3. Menghindari diskusi yang  berpotensi menimbulkan konflik  SARA

5. Aspek Loyal 

Indikator Perilaku

5.1. Memegang teguh moral  dan mematuhi peraturan  perundang-undangan yang  berlaku 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

5.1.1. Menghindari tindakan,  ucapan, perbuatan yang menjurus  pada perpecahan 

5.1.2. Menyebarkan informasi yang  mendukung transformasi  pembelajaran 

5.1.3. Mencegah situasi yang  mengancam integritas satuan  pendidikan 

Indikator Perilaku

5.2. Menjaga nama baik  satuan pendidikan, sesama  guru, dan peserta didik  dimanapun berada 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

5.2.1. Bersikap dan berperilaku yang  melindungi nama baik serta citra  satuan pendidikan 

5.2.2.Melaksanakan arahan kepala  satuan pendidikan yang sesuai  dengan norma dan ketentuan yang  berlaku 

5.2.3. Menyebarkan informasi positif  tentang transformasi pembelajaran 

Indikator Perilaku

5.3. Menjaga informasi yang  bersifat sensitif dan  berpotensi merugikan peserta  didik dan satuan pendidikan 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

5.3.1. Menyimpan informasi sensitif  dengan cara dan pada tempat yang  aman 

5.3.2. Membagikan informasi sensitif  hanya kepada kepala sekolah dan  pihak yang berwenang 

5.3.3. Mencegah situasi yang  mengancam keselamatan peserta  didik dan satuan pendidikan 

6. Aspek  Adaptif 

Indikator Perilaku

6.1. Menyesuaikan diri secara  cepat dalam menghadapi  dinamika pembelajaran di  kelas 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

6.1.1. Menyesuaikan diri di berbagai  lingkungan kerja 

6.1.2. Beradaptasi dengan dinamika  perubahan lingkungan 

6.1.3. Menguasai dinamika  perkembangan teknologi 

Indikator Perilaku

6.2. Terus berinovasi dan  mengembangkan kreativitas  untuk memajukan satuan  pendidikan 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

6.2.1. Menyampaikan gagasan  dengan berani untuk kemajuan  satuan pendidikan 

6.2.2. Membuat inovasi yang  mendukung tujuan satuan  pendidikan secara konsisten 

6.2.3. Mengantisipasi permasalahan  yang terjadi dengan kritis 

6.2.4. Memanfaatkan teknologi  informasi untuk mendukung  pekerjaan 

Indikator Perilaku

6.3. Berpikir proaktif untuk  mengembangkan diri dan  warga satuan pendidikan 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

6.3.1. Mengidentifikasi potensi  masalah dan solusinya 

6.3.2. Menunjukkan keingintahuan  yang tinggi terhadap hal baru 
 
6.3.3. Memanfaatkan peluang untuk  menghasilkan hal yang lebih baik 

7. Aspek Kolaboratif 

Indikator Perilaku

7.1. Memberi kesempatan  kepada warga satuan  pendidikan dan masyarakat  atau dunia kerja untuk  berkontribusi bagi tujuan  pembelajaran yang berpusat  pada peserta didik 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

7.1.1. Menerima pendapat dan saran  dalam menyelesaikan tugas 

7.1.2. Memuji keunggulan dan  prestasi orang lain 

7.1.3 Membagi tugas dan tanggung  jawab bersama peserta didik, rekan  sejawat, orang tua dan masyarakat  atau dunia kerja secara proporsional 

Indikator Perilaku
 
7.2. Bekerja sama secara  terbuka dalam menghasilkan  dampak pembelajaran yang  merata bagi peserta didik,  rekan sejawat, dan  masyarakat atau dunia kerja 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

7.2.1. Mengajukan diri secara  sukarela untuk terlibat dalam  kegiatan yang mendukung  peningkatan pembelajaran 

7.2.2. Bersinergi dengan peserta  didik, rekan sejawat, dan  masyarakat atau dunia kerja dalam  menyelesaikan tugas 

7.2.3. Mengakui saat berbuat  kesalahan dan bersedia meminta  maaf 

Indikator Perilaku

7.3. Menggerakkan  pemanfaatan sumber daya  satuan pendidikan untuk  pencapaian visi dan misi  satuan pendidikan 

Ekspektasi Khusus Pimpinan

7.3.1. Mendorong peserta didik,  rekan sejawat, dan masyarakat atau  dunia kerja untuk dapat terlibat  aktif dalam pencapaian tujuan  satuan pendidikan 

7.3.2. Membangun komunikasi yang  efektif dalam berkoordinasi dengan  peserta didik, rekan sejawat, dan  masyarakat atau dunia kerja 

7.3.3. Mengoptimalkan sumber daya  satuan pendidikan untuk  mendukung pencapaian kinerja 
satuan pendidikan