Kepala Sekolah - Apa saja Kontekstualisasi Perilaku Kerja Guru dan kepala sekolah ? berdasarkan Perdirjen GTK NOMOR 7607/B.B1/HK.03/2023 Tentang Petunjuk teknis Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala sekolah dijabarkan terkait 7 Kontekstualisasi Perilaku Kerja Guru dan kepala sekolah, Apa saja isinya, yuk simak ulasan berikut ini !
Kontekstualisasi Perilaku Kerja Guru
Berikut adalah 7 aspek perilaku kerja guru yang perlu anda ketahui
1. Aspek Berorientasi Pelayanan
Ada beberapa indikator dan ekspektasi pimpinan pada aspek beriorientasi pelayanan guru, apa saja dan bagaimana penjelasanya ? yuk simak ulasanya dibawah ini.
Indikator Perilaku
1.1. Memahami kebutuhan peserta didik dan berusaha memenuhinya
Ekspektasi Khusus Pimpinan
1.1.1. Mengidentifikasi kebutuhan peserta didik secara proaktif
1.1.2. Memenuhi kebutuhan peserta didik secara responsif
1.1.3. Melayani peserta didik sesuai hasil asesmen awal peserta didik
1.1.4. Menyelesaikan keluhan peserta didik dengan komunikasi persuasif
Indikator Perilaku
1.2. Bersifat ramah kepada peserta didik dan orangtua tanpa membeda-bedakan, cekatan dalam bekerja, solutif dalam mengatasi permasalahan pembelajaran, dan dapat diandalkan oleh peserta didik, orang tua, maupun rekan sejawat
Ekspektasi Khusus Pimpinan
1.2.1. Menuntaskan semua pekerjaan
1.2.2. Mengucapkan salam dan sapa dengan sikap ramah
1.2.3. Mengkomunikasikan informasi yang aktual dan akurat
1.2.4. Melayani dengan standar yang sama kepada semua pihak
Indikator Perilaku
1.3. Melakukan perbaikan terus-menerus terhadap kompetensi dan perilaku kerjanya
Ekspektasi Khusus Pimpinan
1.3.1. Memperbaiki kualitas layanan secara terus-menerus
1.3.2. Menindaklanjuti setiap kritik dan saran secara konstruktif
1.3.3. Berupaya memperluas
2. Aspek Akuntabel
Berikut adalah indikator dan ekspektasi pimpinan dalam aspek akuntable guru :
Indikator Perilaku
2.1. Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin, dan berintegritas tinggi
Ekspektasi Khusus Pimpinan
2.1.1. Memenuhi janji dan komitmen terkait pekerjaan
2.1.2. Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan ketentuan
2.1.3. Bertanggung jawab atas hasil kerja yang dilakukan dan bersedia dievaluasi
2.1.4. Menolak segala bentuk gratifikasi, korupsi, kolusi, dan nepotisme
Indikator Perilaku
2.2. Memanfaatkan sumber daya satuan pendidikan dengan bertanggung jawab, efektif, dan efisien
Ekspektasi Khusus Pimpinan
2.2.1. Memanfaatkan fasilitas pembelajaran sesuai dengan peruntukannya
2.2.2. Mencari cara efisiensi penggunaan sarana prasarana, bahan, dan alat kerja satuan pendidikan
Indikator Perilaku
2.3. Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatannya demi keuntungan pribadi
Ekspektasi Khusus Pimpinan
2.3.1. Menghindari situasi yang menimbulkan konflik kepentingan pribadi
2.3.2. Mengambil keputusan dengan objektif saat terjadi konflik kepentingan
3.Aspek Kompeten
Indikator Perilaku
3.1. Menunjukkan penguasaan kompetensi yang memadai dalam melakukan kinerja
Ekspektasi Khusus Pimpinan
3.1.1. Menunjukkan kompetensi dalam bekerja sehingga menjadi teladan bagi rekan sejawat
3.1.2. Berdiskusi dengan rekan kerja, atasan, peserta didik, dan masyarakat atau dunia kerja untuk mencari solusi
Indikator Perilaku
3.2. Membantu peserta didik, rekan sejawat, dan orang lain untuk saling belajar
Ekspektasi Khusus Pimpinan
3.2.1. Memberikan kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapat
3.2.2. Memfasilitasi proses berbagi pengetahuan antar rekan sejawat, peserta didik, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja
Indikator Perilaku
3.3. Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik
Ekspektasi Khusus Pimpinan
3.3.1. Mendukung penyusunan rencana kerja dan/atau anggaran secara partisipatif
3.3.2. Melaksanakan rencana kerja dan/atau anggaran sesuai target yang ditetapkan
3.3.3. Menyelesaikan masalah secara komprehensif dan tuntas
4. Aspek Harmonis
Indikator Perilaku
4.1. Menghargai setiap warga satuan pendidikan apapun latar belakangnya
Ekspektasi Khusus Pimpinan
4.1.1. Berlaku adil kepada setiap orang tanpa memandang, kedudukan, jabatan, latar belakang, suku, agama, ras dan gender
4.1.2. Menjaga hubungan yang baik dengan rekan kerja, atasan, peserta didik, dan masyarakat atau dunia kerja
4.1.3. Menghormati gagasan yang disampaikan orang lain
Indikator Perilaku
4.2. Memberikan pertolongan bagi warga satuan pendidikan yang memerlukan
Ekspektasi Khusus Pimpinan
4.2.1. Menawarkan solusi kepada warga satuan pendidikan dengan responsif
4.2.2. Memberikan solusi dan/atau informasi sesuai kewenangan
Indikator Perilaku
4.3. Mampu membangun lingkungan pembelajaran yang kondusif
Ekspektasi Khusus Pimpinan
4.3.1. Menyelesaikan konflik di antara rekan kerja, atasan, peserta didik, dan masyarakat atau dunia kerja secara konstruktif
4.3.2. Berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, peserta didik, dan masyarakat atau dunia kerja dengan sopan dan menjunjung tinggi etika
4.3.3. Menghindari diskusi yang berpotensi menimbulkan konflik SARA
5. Aspek Loyal
Indikator Perilaku
5.1. Memegang teguh moral dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku
Ekspektasi Khusus Pimpinan
5.1.1. Menghindari tindakan, ucapan, perbuatan yang menjurus pada perpecahan
5.1.2. Menyebarkan informasi yang mendukung transformasi pembelajaran
5.1.3. Mencegah situasi yang mengancam integritas satuan pendidikan
Indikator Perilaku
5.2. Menjaga nama baik satuan pendidikan, sesama guru, dan peserta didik dimanapun berada
Ekspektasi Khusus Pimpinan
5.2.1. Bersikap dan berperilaku yang melindungi nama baik serta citra satuan pendidikan
5.2.2.Melaksanakan arahan kepala satuan pendidikan yang sesuai dengan norma dan ketentuan yang berlaku
5.2.3. Menyebarkan informasi positif tentang transformasi pembelajaran
Indikator Perilaku
5.3. Menjaga informasi yang bersifat sensitif dan berpotensi merugikan peserta didik dan satuan pendidikan
Ekspektasi Khusus Pimpinan
5.3.1. Menyimpan informasi sensitif dengan cara dan pada tempat yang aman
5.3.2. Membagikan informasi sensitif hanya kepada kepala sekolah dan pihak yang berwenang
5.3.3. Mencegah situasi yang mengancam keselamatan peserta didik dan satuan pendidikan
6. Aspek Adaptif
Indikator Perilaku
6.1. Menyesuaikan diri secara cepat dalam menghadapi dinamika pembelajaran di kelas
Ekspektasi Khusus Pimpinan
6.1.1. Menyesuaikan diri di berbagai lingkungan kerja
6.1.2. Beradaptasi dengan dinamika perubahan lingkungan
6.1.3. Menguasai dinamika perkembangan teknologi
Indikator Perilaku
6.2. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas untuk memajukan satuan pendidikan
Ekspektasi Khusus Pimpinan
6.2.1. Menyampaikan gagasan dengan berani untuk kemajuan satuan pendidikan
6.2.2. Membuat inovasi yang mendukung tujuan satuan pendidikan secara konsisten
6.2.3. Mengantisipasi permasalahan yang terjadi dengan kritis
6.2.4. Memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung pekerjaan
Indikator Perilaku
6.3. Berpikir proaktif untuk mengembangkan diri dan warga satuan pendidikan
Ekspektasi Khusus Pimpinan
6.3.1. Mengidentifikasi potensi masalah dan solusinya
6.3.2. Menunjukkan keingintahuan yang tinggi terhadap hal baru
6.3.3. Memanfaatkan peluang untuk menghasilkan hal yang lebih baik
7. Aspek Kolaboratif
Indikator Perilaku
7.1. Memberi kesempatan kepada warga satuan pendidikan dan masyarakat atau dunia kerja untuk berkontribusi bagi tujuan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
Ekspektasi Khusus Pimpinan
7.1.1. Menerima pendapat dan saran dalam menyelesaikan tugas
7.1.2. Memuji keunggulan dan prestasi orang lain
7.1.3 Membagi tugas dan tanggung jawab bersama peserta didik, rekan sejawat, orang tua dan masyarakat atau dunia kerja secara proporsional
Indikator Perilaku
7.2. Bekerja sama secara terbuka dalam menghasilkan dampak pembelajaran yang merata bagi peserta didik, rekan sejawat, dan masyarakat atau dunia kerja
Ekspektasi Khusus Pimpinan
7.2.1. Mengajukan diri secara sukarela untuk terlibat dalam kegiatan yang mendukung peningkatan pembelajaran
7.2.2. Bersinergi dengan peserta didik, rekan sejawat, dan masyarakat atau dunia kerja dalam menyelesaikan tugas
7.2.3. Mengakui saat berbuat kesalahan dan bersedia meminta maaf
Indikator Perilaku
7.3. Menggerakkan pemanfaatan sumber daya satuan pendidikan untuk pencapaian visi dan misi satuan pendidikan
Ekspektasi Khusus Pimpinan
7.3.1. Mendorong peserta didik, rekan sejawat, dan masyarakat atau dunia kerja untuk dapat terlibat aktif dalam pencapaian tujuan satuan pendidikan
7.3.2. Membangun komunikasi yang efektif dalam berkoordinasi dengan peserta didik, rekan sejawat, dan masyarakat atau dunia kerja
7.3.3. Mengoptimalkan sumber daya satuan pendidikan untuk mendukung pencapaian kinerja
satuan pendidikan