SOAL TKA SD BAHASA INDONESIA ONLINE VERSI 1

Soal TKA SD Bahasa Indonesia Online versi 1

Sobat pelajar hebat, sudah siap menaklukkan Tes Kemampuan Akademik (TKA)? 💪
TKA bukan sekadar ujian, tapi ajang untuk menunjukkan kemampuan berpikir kritis, memahami bacaan, dan mengungkapkan ide dengan cerdas. Melalui soal-soal Bahasa Indonesia, kamu diajak untuk membaca dengan teliti, menemukan makna tersirat, serta melatih kemampuan bernalar — keterampilan penting yang akan kamu gunakan seumur hidup.

Ingat ya, keberhasilan bukan hanya milik mereka yang pintar, tetapi milik mereka yang berani mencoba dan pantang menyerah. Saat kamu berhadapan dengan setiap teks dan pertanyaan, bayangkan bahwa setiap kata adalah petualangan baru untuk menemukan pengetahuan.

Jangan takut salah, karena dari kesalahanlah kita belajar untuk menjadi lebih baik. Jadikan TKA sebagai kesempatan untuk menunjukkan seberapa jauh kamu telah berkembang, bukan sekadar untuk mencari nilai.

Yuk, siapkan dirimu dengan hati yang tenang, pikiran yang fokus, dan semangat juang yang tinggi.
Karena setiap langkah kecil dalam belajar hari ini adalah bekal besar untuk masa depanmu yang gemilang.

TKA SD – Bahasa Indonesia (Kuis)

TKA SD — Bahasa Indonesia (Kuis)

Jenis soal: PGS, MCMA, PGK. Fokus: membaca — pemahaman tekstual, inferensial, evaluasi & apresiasi.

Bacaan: “Gotong Royong di Kebun Sekolah”

Kebun sekolah adalah tempat di mana murid belajar menanam dan merawat tanaman. Setiap minggu, murid kelas empat dan lima bergotong royong menyiangi rumput, menyiram, serta menanam sayuran. Kegiatan ini dipimpin oleh guru dan dibagi dalam beberapa kelompok kecil. Selain menanam, murid mencatat perubahan tanaman, seperti daun yang mulai tumbuh atau bunga yang muncul. Dengan begitu, mereka belajar tentang tanggung jawab, kerja sama, dan pola hidup sehat. Kepala sekolah berharap kebun ini dapat menjadi sumber sayur untuk kantin dan bahan pelajaran sains yang nyata bagi murid.

1. Berdasarkan teks, siapa yang memimpin kegiatan di kebun sekolah?
2. Apa tujuan jangka pendek yang disebutkan dalam teks untuk kebun sekolah?
3. Manakah sikap atau keterampilan yang dipelajari murid dari kegiatan kebun sekolah? (Pilih semua yang benar)
4. Mengapa murid mencatat perubahan tanaman?

Bacaan singkat: “Ibu Kota Sayur”

Kantin sekolah memakai sayuran dari kebun setiap bulan. Murid merasa senang karena hasil kerja mereka dimakan bersama. Hal ini mempererat rasa memiliki dan bangga pada hasil kerja sendiri.

5. Dari bacaan singkat, bagaimana perasaan murid ketika kantin memakai hasil kebun?
6. Tunjukkan apakah pernyataan berikut sesuai atau tidak sesuai dengan bacaan utama.
PernyataanSesuaiTidak sesuai
1) Kegiatan kebun hanya dilakukan oleh guru tanpa murid.
2) Murid mencatat perkembangan tanaman.
3) Tujuan kebun adalah menjadi sumber sayur untuk kantin.
7. Dari keseluruhan dua bacaan, tindakan manakah yang termasuk bagian dari tanggung jawab murid? (Pilih semua yang benar)
8. Menurutmu, mengapa kebun sekolah baik untuk pelajaran sains? Pilih jawaban terbaik.
9. Siapa yang diharapkan mendapatkan manfaat langsung berupa bahan makanan dari kebun?
10. Tandai benar atau salah untuk tiap pernyataan berikut berkaitan dengan bacaan singkat “Ibu Kota Sayur”.
PernyataanBenarSalah
1) Murid merasa bangga karena hasil mereka dimakan bersama.
2) Kantin menolak semua hasil kebun.
Scroll to Top