10 Soal Ulangan Harian Pendidikan Pancasila Kelas 6 Bab 7 ini mencangkup materi menjaga persatuan dan kesatuan dengan gotong royong. Gotong royong adalah kegiatan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama tanpa mengharapkan imbalan. Sikap ini mencerminkan semangat kebersamaan dan persatuan yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia.
Daftar Isi
Nilai-nilai dalam Gotong Royong
- Kebersamaan – Menciptakan hubungan yang harmonis antarindividu.
- Tolong-menolong – Membantu sesama dalam berbagai situasi.
- Persatuan dan Kesatuan – Menguatkan solidaritas antarwarga.
- Tanggung Jawab – Menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan sekitar.
- Keikhlasan – Melakukan sesuatu tanpa mengharapkan imbalan.
Gotong Royong sebagai Perwujudan Pancasila
Gotong royong mencerminkan sila ketiga Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia, yang dilambangkan dengan pohon beringin. Sikap gotong royong memperkuat persatuan di berbagai lingkungan, seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat.
D. Contoh Gotong Royong di Berbagai Lingkungan
- Di Lingkungan Keluarga
- Membersihkan rumah bersama.
- Membantu orang tua dalam pekerjaan rumah tangga.
- Saling mendukung dalam kesulitan.
- Di Lingkungan Sekolah
- Melaksanakan piket kelas sesuai jadwal.
- Bekerja sama dalam kegiatan sekolah, seperti peringatan hari besar.
- Membantu teman yang kesulitan memahami pelajaran.
- Di Lingkungan Masyarakat
- Melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan.
- Memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah.
- Berpartisipasi dalam kegiatan sosial, seperti bakti sosial dan sumbangan.
Sikap yang Harus Dihindari dalam Gotong Royong
- Mengharapkan imbalan atau pujian – Gotong royong dilakukan dengan ikhlas.
- Malas atau enggan berpartisipasi – Setiap orang harus aktif berkontribusi.
- Merendahkan orang lain yang membutuhkan bantuan – Saling menghormati dalam kerja sama.
- Tidak menjaga kebersamaan – Sikap egois dapat merusak keharmonisan.
Gotong royong merupakan budaya luhur bangsa Indonesia yang harus terus dijaga dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan semangat gotong royong, kita dapat menciptakan lingkungan yang harmonis, mempererat persatuan, serta mewujudkan kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.
Soal Isian Ulangan Harian/ Formatif Pendidikan Pancasila Kelas 6 Bab 7 – Gotong Royong
- Apa yang dimaksud dengan gotong royong?
- Sebutkan tiga nilai utama yang terkandung dalam gotong royong!
- Gotong royong mencerminkan sila ke berapa dalam Pancasila? Sebutkan lambangnya!
- Berikan satu contoh gotong royong di lingkungan keluarga!
- Bagaimana cara siswa dapat menerapkan gotong royong di sekolah?
- Mengapa gotong royong dapat memperkuat persatuan dan kesatuan?
- Sebutkan dua contoh kegiatan gotong royong di lingkungan masyarakat!
- Apa sikap yang harus dihindari dalam bergotong royong?
- Mengapa gotong royong harus dilakukan dengan ikhlas?
- Apa manfaat gotong royong bagi kehidupan sehari-hari?
Kunci Jawaban
- Gotong royong adalah kegiatan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama tanpa mengharapkan imbalan.
- Kebersamaan, tolong-menolong, dan tanggung jawab.
- Sila ke-3, dilambangkan dengan pohon beringin.
- Contohnya adalah membersihkan rumah bersama anggota keluarga.
- Dengan melaksanakan piket kelas, bekerja sama dalam kegiatan sekolah, dan membantu teman yang kesulitan.
- Karena gotong royong menciptakan kebersamaan dan rasa saling memiliki antarindividu dalam suatu kelompok.
- Contohnya adalah kerja bakti membersihkan lingkungan dan membantu warga yang terkena bencana.
- Mengharapkan imbalan, malas berpartisipasi, merendahkan orang lain, dan bersikap egois.
- Agar kegiatan gotong royong tidak hanya menjadi kewajiban, tetapi juga menciptakan hubungan yang harmonis.
- Manfaatnya antara lain mempererat persaudaraan, menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman, serta meningkatkan kepedulian sosial.