kepalasekolah.id – 25+ Contoh Soal UKKJ 2025 Jabatan Fungsional Guru dan Jawabannya (Bagian 2).
Kumpulan 20 Soal Latihan UKKJ 2025 dan JawabannyaÂ
-
Salah satu prinsip dalam pembelajaran konstruktivistik yang menekankan pentingnya pemahaman terhadap pengalaman nyata adalah…
-
A. Stimulus–Respon
-
B. Behavioristik
-
C. Kognitivisme
-
D. Kontekstual
-
E. Metakognitif
Jawaban: D
-
-
Penilaian otentik lebih menekankan pada…
-
A. Kemampuan siswa menjawab soal pilihan ganda
-
B. Nilai akhir ulangan
-
C. Hasil belajar kognitif semata
-
D. Proses dan hasil belajar yang bermakna
-
E. Peringkat siswa di kelas
Jawaban: D
-
-
Manakah di bawah ini yang bukan merupakan pendekatan pembelajaran aktif?
-
A. Problem Based Learning
-
B. Discovery Learning
-
C. Ceramah satu arah
-
D. Inquiry Learning
-
E. Project Based Learning
Jawaban: C
-
-
Dalam proses refleksi PTK, guru sebaiknya…
-
A. Menunggu arahan kepala sekolah
-
B. Menilai hasil belajar tanpa analisis
-
C. Mencari solusi dari masalah pembelajaran
-
D. Menghentikan tindakan karena siswa tidak tertarik
-
E. Semua jawaban benar
Jawaban: C
-
-
Evaluasi formatif bertujuan untuk…
-
A. Menentukan kelulusan siswa
-
B. Memberikan raport
-
C. Memberikan umpan balik dalam proses belajar
-
D. Memberi ranking siswa
-
E. Semua jawaban salah
Jawaban: C
-
-
Berikut ini adalah ciri dari soal HOTS, kecuali…
-
A. Menguji hafalan
-
B. Menuntut analisis
-
C. Menggunakan konteks nyata
-
D. Menstimulasi berpikir kritis
-
E. Menyajikan situasi kompleks
Jawaban: A
-
-
Dalam prinsip penilaian oleh guru, aspek yang paling utama diperhatikan adalah…
-
A. Ketepatan waktu pengumpulan tugas
-
B. Kreativitas siswa
-
C. Proses, hasil, dan kejujuran siswa
-
D. Kecepatan siswa menjawab
-
E. Kedisiplinan siswa
Jawaban: C
-
-
Tindakan kelas termasuk dalam jenis penelitian…
-
A. Eksperimen
-
B. Survei
-
C. Kualitatif deskriptif
-
D. Penelitian tindakan
-
E. Kuantitatif
Jawaban: D
-
-
Salah satu bentuk asesmen non-tes yang dapat dilakukan guru adalah…
-
A. Tes pilihan ganda
-
B. Ujian akhir semester
-
C. Observasi aktivitas siswa
-
D. Ulangan harian
-
E. Tes lisan
Jawaban: C
-
-
Ciri khas penilaian portofolio adalah…
-
A. Berbasis tes objektif
-
B. Mengandalkan nilai angka saja
-
C. Menilai koleksi hasil kerja siswa
-
D. Menilai hafalan siswa
-
E. Memberikan soal remedial
Jawaban: C
-
-
Tindakan yang harus dilakukan guru setelah refleksi tindakan dalam PTK adalah…
-
A. Menyusun laporan akhir
-
B. Menentukan langkah tindakan selanjutnya
-
C. Menyerahkan ke kepala sekolah
-
D. Menentukan pengawas
-
E. Semua salah
Jawaban: B
-
-
Model pembelajaran yang mengajak siswa memecahkan permasalahan nyata adalah…
-
A. Drill and Practice
-
B. Problem Based Learning
-
C. Ceramah plus
-
D. Tanya Jawab
-
E. Semua benar
Jawaban: B
-
-
Teknik penilaian yang cocok digunakan untuk siswa kelas awal SD adalah…
-
A. Wawancara, observasi, dan portofolio
-
B. Ujian tertulis esai
-
C. Tes pilihan ganda
-
D. Ujian komputer
-
E. Tes daring
Jawaban: A
-
-
Salah satu indikator bahwa pembelajaran memiliki unsur inovasi adalah…
-
A. Mengandalkan metode ceramah
-
B. Menggunakan teknologi, kolaborasi, dan konteks nyata
-
C. Menyelesaikan materi lebih cepat
-
D. Memberi tugas lebih banyak
-
E. Memberikan PR setiap hari
Jawaban: B
-
-
Prinsip penyusunan soal pilihan ganda adalah, kecuali…
-
A. Hanya ada satu kunci jawaban yang benar
-
B. Distraktor berfungsi mengelabui siswa
-
C. Soal dibuat sesuai indikator
-
D. Kunci jawaban boleh ganda agar siswa berpikir
-
E. Bahasa soal harus jelas dan tepat
Jawaban: D
-
-
Perangkat evaluasi pembelajaran yang tepat disusun guru adalah…
-
A. Kisi-kisi, soal, dan rubrik penilaian
-
B. Kisi-kisi dan catatan pribadi
-
C. Soal, nilai akhir, dan sertifikat
-
D. Hasil diskusi dan refleksi
-
E. Semua benar
Jawaban: A
-
-
Langkah awal dalam menyusun PTK adalah…
-
A. Menentukan metode
-
B. Menyusun laporan
-
C. Merumuskan masalah pembelajaran
-
D. Menentukan kelas target
-
E. Melakukan observasi tindakan
Jawaban: C
-
-
Dalam proses perencanaan pembelajaran, guru perlu menyusun tujuan berdasarkan…
-
A. Silabus dan minat pribadi guru
-
B. Kurikulum dan kebutuhan siswa
-
C. Keinginan kepala sekolah
-
D. Jadwal dinas
-
E. Jumlah peserta didik
Jawaban: B
-
-
Asesmen diagnostik berguna untuk…
-
A. Menentukan kelulusan siswa
-
B. Mengetahui kemampuan awal dan hambatan belajar
-
C. Menghitung nilai akhir
-
D. Memberikan remedial
-
E. Memberi penghargaan
Jawaban: B
-
-
Evaluasi sumatif digunakan untuk…
-
A. Memantau proses belajar
-
B. Mendiagnosis kelemahan siswa
-
C. Menilai hasil akhir belajar
-
D. Mengawasi absensi siswa
-
E. Memberi motivasi
Jawaban: C
-
Disclaimer
Seluruh soal dan jawaban yang disajikan dalam artikel “25+ Contoh Soal UKKJ 2025 Jabatan Fungsional Guru dan Jawabannya (Bagian 2)” ini disusun sebagai bahan latihan dan referensi pembelajaran mandiri. Soal-soal ini bukan bocoran resmi dari pihak penyelenggara ujian dan tidak menjamin akan keluar dalam ujian sesungguhnya.
Penulis mengumpulkan dan menyusun soal berdasarkan kisi-kisi umum, pendekatan pedagogis, serta pengalaman dari pelaksanaan uji kompetensi sebelumnya. Oleh karena itu, pembaca diharapkan tetap merujuk pada sumber resmi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia atau instansi yang berwenang dalam penyelenggaraan UKKJ.
Penggunaan soal ini untuk tujuan belajar diperbolehkan, namun dilarang keras untuk diperjualbelikan dalam bentuk apa pun. Jika ada kekeliruan dalam kunci jawaban atau interpretasi soal, mohon hubungi admin untuk perbaikan.