kepalasekolah.id – Contoh TP dan ATP Bahasa Inggris Fase E Berdasarkan CP: Panduan Guru Kelas 10 SMA/SMK Menyusun Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Bahasa Inggris Fase E merupakan tahapan awal bagi peserta didik SMA/SMK pada kelas 10. Pada fase ini, siswa mulai diarahkan untuk memahami dan menghasilkan teks dengan kompleksitas yang lebih tinggi daripada Fase D. Fokus pembelajaran bukan lagi sekadar memahami teks pendek, melainkan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, memahami tujuan komunikatif, dan memproduksi teks dengan struktur lebih teratur dan terarah.
Capaian Pembelajaran (CP) dalam Kurikulum Merdeka berfungsi sebagai standar kompetensi umum. Namun, CP tidak dapat langsung digunakan untuk perencanaan harian. Oleh sebab itu, guru memerlukan Tujuan Pembelajaran (TP) yang lebih spesifik serta Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang runtut. Artikel ini memberikan contoh TP dan ATP Bahasa Inggris Fase E yang mudah digunakan dan cocok untuk penyusunan modul ajar.
Daftar Isi
- 1 Sebaran Fase Bahasa Inggris dalam Kurikulum Merdeka
- 2 Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Inggris Fase E – Ringkasan
- 3 Panduan Menyusun TP Bahasa Inggris Fase E
- 4 Contoh Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Inggris Fase E
- 5 Contoh ATP Bahasa Inggris Fase E Kelas 10
- 6 Tema 1: Explanation Text – Cause and Effect
- 7 Tema 2: Descriptive Report – People, Places, and Phenomena
- 8 Tema 3: Narrative – Extended Stories
- 9 Tema 4: Personal Recount – Life Experiences
- 10 Tema 5: Analytical Exposition – Giving Opinions
- 11 Tema 6: Short Functional Texts
- 12 Tautan Unduh CP–TP–ATP Bahasa Inggris Fase E
- 13 Penutup
Sebaran Fase Bahasa Inggris dalam Kurikulum Merdeka
Fase D: Kelas 7–9 SMP
Fase E: Kelas 10 SMA/SMK
Fase F: Kelas 11–12 SMA/SMK
Fase E menandai awal kemampuan bahasa tingkat menengah. Siswa mulai mempelajari teks informasional, argumentatif sederhana, eksposisi, serta teks transaksional untuk keperluan akademik dan sosial.
Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Inggris Fase E – Ringkasan
Menurut CP Kurikulum Merdeka, peserta didik Fase E diharapkan dapat:
Memahami teks lisan dan tulis dengan tujuan informatif, naratif, prosedural, argumentatif sederhana, hingga deskriptif kompleks tingkat awal.
Menganalisis struktur teks, unsur kebahasaan, serta tujuan komunikatif teks akademik sederhana.
Berinteraksi dalam percakapan formal maupun informal untuk berbagi informasi, memberi pendapat, menanggapi argumen, serta menyampaikan klarifikasi.
Menghasilkan teks lisan dan tulis yang terstruktur seperti explanatory text, recount, descriptive extended, dan short essay.
Menggunakan unsur kebahasaan dengan akurasi yang meningkat seperti tenses lanjutan, connectors, modal verbs dalam konteks akademik, relative clauses, dan cohesive devices.
CP ini menjadi dasar penyusunan TP dan ATP Bahasa Inggris Fase E.
Panduan Menyusun TP Bahasa Inggris Fase E
Guru dapat menurunkan TP dari CP dengan memperhatikan beberapa aspek berikut:
Pilih jenis teks yang menjadi fokus utama kelas 10, seperti explanation, narrative advanced, recount extended, descriptive report, dan analytical exposition.
Tentukan aktivitas pembelajaran yang dapat menunjukkan penguasaan kemampuan seperti menganalisis struktur teks, mempresentasikan informasi, menanggapi pendapat, dan menulis paragraf.
Tentukan unsur kebahasaan yang harus dikuasai siswa, misalnya simple past, present perfect, passive voice, cause–effect connectors, degrees of comparison, hingga expressions for arguments.
Gunakan konteks pembelajaran yang relevan dengan kehidupan remaja seperti teknologi, lingkungan, budaya, kesehatan, dan interaksi sosial.
TP harus spesifik, terukur, dan dapat diamati.
Contoh Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Inggris Fase E
Listening
Siswa memahami informasi utama dan detail penting dari teks penjelasan (explanation text) dan laporan lisan.
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan sebab-akibat dari audio pendek.
Siswa memahami presentasi singkat dan mencatat poin-poin penting.
Speaking
Siswa dapat mempresentasikan topik informasional menggunakan struktur teratur.
Siswa dapat memberikan pendapat dan alasan logis dalam diskusi kelompok.
Siswa dapat melakukan percakapan formal untuk meminta klarifikasi dan memberikan tanggapan.
Reading
Siswa dapat menganalisis struktur teks explanation, narrative, dan exposition sederhana.
Siswa dapat menyimpulkan informasi eksplisit dan implisit dari teks menengah.
Siswa dapat membandingkan dua teks dengan tujuan komunikatif berbeda.
Writing
Siswa dapat menulis explanation text dengan struktur benar (general statement → explanation sequence).
Siswa dapat menulis recount dan narrative lanjutan dengan koherensi baik.
Siswa dapat menulis paragraf argumentatif sederhana dengan thesis–reason–closing.
Contoh ATP Bahasa Inggris Fase E Kelas 10
Berikut contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang progresif dan sesuai pola Kurikulum Merdeka.
Tema 1: Explanation Text – Cause and Effect
Siswa mengenal tujuan explanation text.
Siswa membaca dua contoh explanation text dan mengidentifikasi strukturnya.
Siswa mengenal unsur kebahasaan seperti passive voice dan cause–effect connectors.
Siswa mempresentasikan penjelasan sederhana tentang fenomena alam.
Siswa menulis explanation text berisi minimal 2 paragraf.
Tema 2: Descriptive Report – People, Places, and Phenomena
Siswa memahami karakteristik report text.
Siswa mengidentifikasi informasi kunci dalam teks report.
Siswa membaca teks tentang tempat terkenal dan menganalisis paragraf.
Siswa memproduksi deskripsi informasional tentang suatu objek.
Siswa menulis report text sederhana dengan struktur lengkap.
Tema 3: Narrative – Extended Stories
Siswa mempelajari struktur narrative: orientation, complication, resolution.
Siswa membaca cerita fiksi menengah.
Siswa menganalisis karakter dan alur cerita.
Siswa mempresentasikan ringkasan teks secara lisan.
Siswa menulis narrative 3–5 paragraf dengan koherensi baik.
Tema 4: Personal Recount – Life Experiences
Siswa memahami fungsi recount text.
Siswa mengidentifikasi urutan peristiwa dari teks recount.
Siswa memahami penggunaan past tense lanjutan (past continuous, past perfect).
Siswa membuat timeline pengalaman pribadi.
Siswa menulis recount text minimal 3 paragraf.
Tema 5: Analytical Exposition – Giving Opinions
Siswa memahami struktur argumentatif awal: thesis, arguments, conclusion.
Siswa membaca teks opini sederhana tentang isu remaja.
Siswa mengidentifikasi argumen dan bukti pendukung.
Siswa melakukan diskusi dengan ekspresi opini formal.
Siswa menulis analytical exposition dengan minimal dua argumen.
Tema 6: Short Functional Texts
Siswa memahami tujuan teks seperti announcements, invitations, posters, dan notices.
Siswa menganalisis fungsi sosial dan struktur tiap jenis teks.
Siswa memproduksi teks fungsional pendek berdasarkan konteks tertentu.
Siswa melakukan presentasi sederhana terkait fungsi teks.
Siswa menulis contoh announcement atau poster dalam format benar.
Tautan Unduh CP–TP–ATP Bahasa Inggris Fase E
Berikut contoh tautan unduhan (dapat Anda ganti sesuai file perangkat ajar Anda):
📥 Download CP Bahasa Inggris Fase E (PDF)
Penutup
Bahasa Inggris Fase E merupakan tahap penting dalam membekali peserta didik dengan kemampuan berbahasa yang lebih analitis, akademik, dan komunikatif. Melalui TP dan ATP yang terstruktur, guru dapat menyusun pembelajaran yang terencana, bermakna, dan relevan dengan perkembangan remaja. Artikel ini dapat menjadi rujukan bagi guru dalam menyusun modul ajar serta aktivitas pembelajaran yang lebih kreatif dan bervariasi.
