CP PAIBP SMA/MA/SMK Terbaru 2025: Capaian Pembelajaran Fase E dan F Kurikulum Merdeka

CP PAIBP SMA/MA/SMK Terbaru 2025: Capaian Pembelajaran Fase E dan F Kurikulum Merdeka

kepalasekolah.id – CP PAIBP SMA/MA/SMK Terbaru 2025: Panduan Lengkap Fase E dan F Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Nomor 046/H/KR/2025 menetapkan Capaian Pembelajaran (CP) terbaru untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP). Untuk jenjang SMA/MA/SMK/MAK dan Program Paket C, CP ini dibagi dalam dua fase penting yaitu Fase E (kelas X) dan Fase F (kelas XI–XII).

CP PAIBP tahun 2025 ini menjadi pedoman dalam membangun karakter siswa yang religius, moderat, serta berdaya pikir kritis sesuai tantangan zaman dan tuntutan Profil Pelajar Pancasila. Dengan pendekatan yang menyeluruh, CP ini mengintegrasikan aspek spiritual, moral, sosial, dan intelektual dalam lima elemen kunci: Al-Qur’an Hadis, Akidah, Akhlak, Fikih, dan Sejarah Peradaban Islam.

Elemen PAIBP: Dasar Pembentukan Karakter dan Kompetensi

No Elemen Deskripsi
1 Al-Qur’an Hadis Memahami dan menerapkan ayat dan hadis sebagai dasar nilai, etika, dan solusi terhadap realitas kekinian.
2 Akidah Menguatkan keyakinan dan aspek iman yang membentuk pola pikir dan perilaku Islami.
3 Akhlak Membentuk kepribadian luhur melalui penghindaran dari penyakit hati dan sosial.
4 Fikih Menanamkan pemahaman hukum Islam yang aplikatif dan relevan dengan kehidupan bermasyarakat.
5 Sejarah Peradaban Islam Mengenalkan kontribusi Islam dan ulama dalam peradaban lokal dan global.

D. Capaian Pembelajaran Fase E (Kelas X SMA/MA/SMK/Program Paket C)

Pada akhir Fase E, murid memiliki kemampuan sebagai berikut:

5.1. Al-Qur’an Hadis

Memahami ayat Al-Qur’an dan hadis tentang perintah berlomba-lomba dalam kebaikan, larangan pergaulan bebas, dan zina.

5.2. Akidah

Memahami beberapa cabang iman (syu‘ab al-īmān).

5.3. Akhlak

Memahami manfaat menghindari penyakit hati.

5.4. Fikih

Memahami sumber hukum Islam dan pentingnya menjaga lima prinsip dasar hukum Islam (al-kulliyāt al-khamsah).

5.5. Sejarah Peradaban Islam

Memahami sejarah masuknya Islam ke Indonesia dan peran tokoh ulama dalam penyebarannya.

E. Capaian Pembelajaran Fase F (Kelas XI–XII SMA/MA/SMK/Program Paket C)

Pada akhir Fase F, murid memiliki kemampuan sebagai berikut:

6.1. Al-Qur’an Hadis

Memahami ayat Al-Qur’an dan hadis tentang pentingnya berpikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, memelihara kehidupan manusia, dan moderasi beragama.

6.2. Akidah

Memahami beberapa cabang iman (syu‘ab al-īmān), keterkaitan antara iman, Islam, dan ihsan.

6.3. Akhlak

Memahami manfaat menghindari penyakit sosial; memahami adab bermasyarakat dan etika digital dalam Islam.

6.4. Fikih

Memahami ketentuan khotbah, tablig dan dakwah, muamalah, munakahat, dan mawāris.

6.5. Sejarah Peradaban Islam

Memahami peran tokoh ulama dalam perkembangan peradaban Islam di dunia dan peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia.

Integrasi Nilai dan Konteks Kehidupan

CP PAIBP Fase E dan F tidak hanya fokus pada pengetahuan, tetapi juga integrasi nilai dan keterampilan hidup. Topik-topik seperti pergaulan sehat, etika digital, toleransi, cinta tanah air, hingga literasi spiritual menjadi bagian penting untuk membentuk pelajar yang siap menghadapi dunia nyata.

Kontribusi terhadap Profil Pelajar Pancasila

Materi-materi dalam CP PAIBP berperan penting dalam penguatan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila seperti:

  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Mandiri dan bernalar kritis
  • Berkebinekaan global
  • Bergotong royong dan berakhlak mulia

Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan yang menyenangkan, reflektif, dan kontekstual sesuai semangat Kurikulum Merdeka.

Penutup

Capaian Pembelajaran PAIBP tahun 2025 untuk jenjang SMA/MA/SMK/MAK dan Program Paket C merupakan panduan menyeluruh yang memadukan kompetensi spiritual, intelektual, sosial, dan emosional. Guru dan satuan pendidikan diharapkan mampu mengimplementasikan CP ini secara fleksibel, adaptif, dan bermakna sesuai konteks peserta didik.

Dengan pembelajaran PAIBP yang holistik, para pelajar tidak hanya memahami ajaran Islam, namun juga mampu menghidupkan nilai-nilainya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Unduh Dokumen Lengkap CP PAIBP 2025

Dokumen resmi CP PAIBP untuk seluruh jenjang dan fase pendidikan dapat diakses melalui laman resmi Kemendikbudristek atau melalui sistem informasi pendidikan di satuan pendidikan masing-masing.

Scroll to Top