Unduh dokumen CP, TP, dan ATP IPAS Kelas 6 Semester 1 2025

Unduh CP, TP, dan ATP IPAS Kelas 6 Semester 1 Kurikulum Merdeka Revisi 2025

Sebagai bagian dari upaya mendukung implementasi Kurikulum Merdeka secara menyeluruh, khususnya dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, tersedia dokumen lengkap Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk Kelas 6 Semester 1 yang telah disesuaikan dengan revisi terbaru tahun 2025.

Mengapa Dokumen Ini Penting?

Dokumen CP, TP, dan ATP berfungsi sebagai panduan utama bagi guru dalam merancang proses pembelajaran yang kontekstual, terarah, dan berorientasi pada pengembangan kompetensi peserta didik. Dalam dokumen ATP IPAS Kelas 6 ini, guru dapat menemukan:

1. CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)

📌 Pengertian

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik dalam satu atau lebih fase pembelajaran. Dalam Kurikulum Merdeka, CP menggantikan peran Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada kurikulum sebelumnya.

📌 Fungsi CP

  • Sebagai acuan utama dalam merancang kegiatan pembelajaran di setiap fase.

  • Menjadi dasar dalam menyusun Tujuan Pembelajaran dan penilaian pembelajaran.

  • Memberikan gambaran profil kemampuan minimal yang perlu dimiliki peserta didik di akhir fase.

📌 Struktur CP

CP dirumuskan per fase, bukan per kelas. Di jenjang SD/MI:

  • Fase A: Kelas 1–2

  • Fase B: Kelas 3–4

  • Fase C: Kelas 5–6

2. TUJUAN PEMBELAJARAN (TP)
📌 Pengertian

Tujuan Pembelajaran (TP) adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai siswa dalam satu atau beberapa kegiatan pembelajaran tertentu. TP dijabarkan dari CP, tetapi lebih spesifik dan operasional untuk kegiatan pembelajaran sehari-hari.

📌 Fungsi TP
  • Memberikan arah pembelajaran yang jelas bagi guru dan siswa.

  • Menjadi acuan dalam menyusun materi ajar, strategi pembelajaran, dan instrumen penilaian.

  • Mendorong proses belajar yang lebih terfokus dan bermakna.

📌 Karakteristik TP yang Baik

  • Spesifik, jelas, dan terukur.

  • Relevan dengan konteks siswa dan lingkungan.

  • Dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu (biasanya 1–2 pertemuan atau lebih).

3. ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP)

📌 Pengertian

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis untuk membentuk kompetensi secara bertahap menuju Capaian Pembelajaran (CP).

📌 Fungsi ATP
  • Menyusun urutan logis pembelajaran agar siswa dapat mencapai CP dengan efektif.

  • Menjadi dasar dalam menyusun modul ajar, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan penilaian formatif.

  • Menggambarkan bagaimana pembelajaran berkembang dari konsep dasar hingga kompleks.

📌 Struktur ATP

Biasanya terdiri atas:

  • Semester/tema/topik pembelajaran
  • Indikator atau tujuan pembelajaran
  • Aktivitas utama yang dirancang
  • Asesmen atau cara mengukur ketercapaian

Fokus Pembelajaran Semester 1

Beberapa topik utama IPAS Semester 1 Kelas 6 yang tercantum dalam ATP revisi ini meliputi:

  • Sistem pernapasan dan proses bernapas

  • Sistem pencernaan dan pertumbuhan manusia

  • Sistem peredaran darah dan cara perawatannya

  • Sistem rangka dan gangguan yang mungkin terjadi

  • Perjalanan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dari masa penjajahan hingga kemerdekaan

Pendekatan pembelajaran IPAS juga mencakup kegiatan eksploratif seperti percobaan ilmiah serta analisis sosial yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam memahami fenomena sekitar.

Download Dokumen Lengkap

Guru, kepala sekolah, atau tenaga kependidikan yang membutuhkan dokumen CP, TP, dan ATP IPAS Kelas 6 Semester 1 Kurikulum Merdeka (Revisi) 2025 dapat mengunduhnya melalui tautan berikut:

🔽 Download ATP IPAS Kelas 6 Semester 1 – Kurikulum Merdeka Revisi

Dengan tersedianya dokumen pembelajaran ini, diharapkan proses belajar mengajar IPAS di kelas 6 menjadi lebih terstruktur dan sesuai dengan arah transformasi pendidikan yang dicanangkan oleh Kurikulum Merdeka. Mari kita wujudkan pembelajaran yang bermakna dan berpusat pada siswa!

Scroll to Top