Jawaban Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 2 Bab 2

Jawaban Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 2 Bab 2

Jawaban Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 2 Bab 2 – Kesehatan mata dan aktivitas fisik menjadi dua hal penting yang perlu diajarkan sejak dini kepada siswa. Di era digital saat ini, anak-anak sering kali menghabiskan waktu yang cukup lama di depan layar gawai. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk mengetahui cara menjaga kesehatan mata dan membatasi waktu penggunaan gawai. Selain itu, melalui berbagai bacaan dan kegiatan interaktif seperti membaca grafik, bermain peran, serta berdiskusi dengan teman, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan literasi serta keterampilan sosial. Artikel ini akan memandu guru dan siswa dalam memahami isi bacaan dan menjawab berbagai pertanyaan terkait materi pembelajaran yang menarik dan bermakna.

Aturan 20-20-20

Melihat layar gawai terlalu lama dapat membuat mata menjadi lelah. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan “Aturan 20-20-20”. Caranya adalah dengan berhenti menatap layar setiap 20 menit, kemudian melihat benda yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.

Latihan Kosakata

Pertanyaan: Sebutkan contoh gawai yang kalian ketahui.

Jawaban: Contoh gawai: ponsel, tablet, laptop, komputer.

Pertanyaan: Buatlah kalimat menggunakan kata “gawai”.

Jawaban: Saya menggunakan gawai untuk belajar online setiap hari.

Penggunaan Kata Tanya

  • Berapa: Untuk menanyakan jumlah. Contoh: Berapa umurmu?
  • Apa: Untuk menanyakan benda. Contoh: Apa makanan kesukaanmu?
  • Siapa: Untuk menanyakan pelaku. Contoh: Siapa yang menjemputmu?
  • Di mana: Untuk menanyakan tempat. Contoh: Di mana kamu tinggal?
  • Mengapa: Untuk menanyakan sebab. Contoh: Mengapa kamu terlambat?
  • Kapan: Untuk menanyakan waktu. Contoh: Kapan kamu belajar?
  • Bagaimana: Untuk menanyakan cara. Contoh: Bagaimana cara membuat kue?

Diskusi Bersama

  • Apakah menurut kalian 20 detik adalah waktu yang singkat? Ya, 20 detik adalah waktu yang singkat.
  • Kegiatan apa yang bisa dilakukan dalam 20 detik? Bernafas dalam-dalam, minum air, melihat ke luar jendela.
  • Apakah menurut kalian 20 menit adalah waktu yang lama? Tidak terlalu lama, tapi cukup untuk melakukan satu kegiatan sederhana.
  • Kegiatan apa yang bisa dilakukan dalam 20 menit? Membaca satu bab buku, berolahraga ringan, atau menggambar.
  • Mengapa kita perlu membatasi waktu memakai gawai? Supaya mata tidak cepat lelah dan kesehatan tetap terjaga.

Kacamata Kadek

Kadek tidak mau memakai kacamata karena takut diejek dan tidak bisa bergerak bebas. Namun akhirnya ia menyadari pentingnya menggunakan kacamata untuk melihat dengan jelas.

Latihan Kalimat SPO

1. Ibu memasak sayur di dapur.
2. Adik membaca buku cerita.
3. Ayah mencuci mobil di halaman.
4. Kakak menggambar pemandangan.
5. Sinta membawa tas sekolahnya.

Pertanyaan Bacaan

  • Apa yang dilakukan Kadek di ruang dokter? Kadek memeriksakan matanya.
  • Mengapa Kadek tidak mau memakai kacamata? Karena takut diejek teman dan merasa tidak nyaman.
  • Dapatkah Kadek melihat dengan jelas tanpa kacamata? Tidak bisa.
  • Mengapa akhirnya Kadek mau memakai kacamata? Karena ia sadar bahwa kacamata membantunya melihat lebih jelas.

Menjaga Kesehatan Mata

  • Apa saja yang bisa mengganggu kesehatan mata? Terlalu lama menatap layar, membaca dalam gelap, kurang tidur.
  • Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata? Mengikuti aturan 20-20-20, makan makanan sehat, istirahat cukup.

Grafik dan Olahraga

  • Ada berapa jenis olahraga yang disukai siswa? Misalnya, lima jenis olahraga (sesuai grafik yang diamati).
  • Olahraga apa yang paling banyak disukai? Sepak bola (misalnya).
  • Berapa siswa yang suka bermain sepak bola? Contoh: 10 siswa (menyesuaikan grafik).
  • Olahraga apa yang disukai dua orang siswa? Misalnya, bulu tangkis.
  • Olahraga apa yang jumlah penyukanya sama dengan renang? Misalnya, lari.

Latihan Menulis

Olahraga kesukaanku adalah berenang. Aku berenang dua kali seminggu. Setelah berenang, tubuhku terasa segar. Aku senang berenang bersama teman-teman. Berenang membuat tubuhku sehat dan kuat.

Jurnal Membaca

  • Judul Buku: Ayo, Berlatih Silat!
  • Nama Penulis: (Isi sesuai buku asli)
  • Nama Ilustrator: (Isi sesuai buku asli)
  • Kejadian paling disukai: Ketika Salman berlatih silat bersama sepupunya.
  • Alasan menyukai: Karena Salman terlihat semangat dan kompak.
  • Olahraga tradisional lain: Egrang, pencak silat, gobak sodor.
  • Beri bintang: ★★★★☆

Wartawan Cilik

Tanyakan kepada anggota keluarga tentang olahraga favorit mereka, lalu bacakan hasilnya di kelas. Gabungkan data seluruh siswa dan buat grafik bersama guru.

Refleksi Bab 2: Menjaga Kesehatan

Centang kemampuan yang sudah dikuasai dan terus belajar untuk yang masih belum. Kalian sudah belajar tentang pentingnya menjaga mata, mengenal olahraga, membaca grafik, menulis SPO, menggunakan kata tanya, dan membaca lantang.

Kesimpulan: Simaklah bacaan yang akan dibacakan guru.

Scroll to Top